Cara downgrade Windows 11 ke 10


Pembuka

 Windows 11, Di Umumkan pada tahun 2021 pada bulan 24 Juni 2021, dan dirilis secara resmi pada 5 oktober tahun 2021. dan hingga kini setelah beberapa tahapan update, akhirnya windows 11 ini banyak di minati oleh masyarakat. 

apalagi windows 11 adalah OS bawaan jika kita membeli produk Laptop atau PC yang bermerek atau resmi.

windows 11 pada saat ini, adalah versi OS (windows) yang paling modern menurut saya, karean Windows 11 ini adalah windows yang mempunyai banyak fitur dan model yang lebih di sederhanakan, namum mempunyai tampilan yang modern.

Downgrade Windows 11 ke Windows 10

Windows 11 - optimasi bikin betah

Windows 11 juga mempunyai peforma yang menurut admin agak ringan dari windows sebelumnya (windows 11), karena windows ini mempunyai Optimasi yang baik terhadap perangkat Laptop atau PC yang di terpasang. 

untuk penggunaaan office, dan konten kreator (tidak ekstreem) menggunakan windows 11 adalah pilihan yang bagus, karena hampir semua software sudah mendukung, tentunya itu akan sangat bermanfaat.

bagaimana dengan gaming, windows 11 menurut saya adalah versi windows yang sangat ter optimasi antara software (driver & aplikasi) dan hardware. setelah melakukan beberapa kali percobaan dan analisa singkat, windows 11 ini sangat memuaskan dalam menjalankan game.

saya melakukan test dengan melakukan gaming dengan komputer dengan spesifikasi yang sama, namun dengan sistem operasi (windows) yang berbeda (versi). 

namun, siapa yang sangka bahwa windows 11 mempunyai peforma yang lebih baik, dan saya melihat adanya peningkatan FPS pada kebanyakan game. 

btw saya juga mengetes dengan menggunakan GPU lawas seperti Gtx 750ti, hasilnya banyak game yang bisa (layak) dijalankan oleh GPU ini di windows 11 karena Optimasinya yang baik antara software dan hardware.

jika kalian membeli produk laptop / atau PC (all in one), kemungkinan besar kalian akan diberikan integrasi tertaut dengan Windows bawaan (windows 11 Original). kemudian windows 11 ini akan tertanam di hardware kalian, jangan takut jika menginstal kembali. tapi saya menyarankan kalian harus login atau registrasi dahulu dengan microsoft akun, agar Key windows ori yang sudah tertanam tersebut akan tertaut dengan akun kalian.

Downgrade ke windows 10?

tahukah kalian, seperti fitur dan optimasi yang ditawarkan oleh windows 11 seperti yang saya tulis di atas, namun tidak semua orang belum menerima windows 11 ini, pasalnya menurut mereka ada beberapa faktor, dari tampilan yang agak ribet,banyak fitur yang hilang, navigasi yang tidak nyaman, ataupun faktor lain. 

saya sendiri memunyai beberapa perangkat seperti laptop dan komputer. namun saya menyesuaikan untuk keperluan saya, contohnya pada komputer gaming saya (sekaligus komputer konten kreator : editing), pada komputer tersebut saya installkan windows 11. berbeda halnya dengan laptop keseharian, saya menginstallnya dengan windows 10, dan begitu juga dengan komputer yang biasa saya pakai untuk kegiatan networking atau yang berhubungan dengan pekerjaan, saya menginstallnya dengan windows 10.

meskipun kata saya di atas jika windows 11 itu sangat baik, namun ada kalanya jika berhubungan dengan pekerjaan, windows 11 menurutku agak sedikit ribet (tapi sebenarnya bisa). contoh kecilnya adalah saat mau ke "control panel". sedangkan yang kita ketahui, windows 11 ini mempunyai navigasi yang modern. jadi untuk mengakses Control panel pada windows 11 agak sedikit ribet. jadi itulah beberapa alasan yang menurut saya.

Cara downgrade? 

yang perlu kalian tahu, bahwa windows tidak mempunyai fitur downgrade. seperti sebelumnya, pada awal awal windows 10 di rilis, para pengguna windows 7 juga ingin kembali ke windows 7 setelah menginstall windows 10 karena belum terbiasa atau memiliki kendala (urusan pekerjaan) pada windows generasi selanjutnya. seperti saya katakan, Windows setahu saya tidak mempunyai fitur untuk downgrade setelah Update. namun tetap ada cara.

cara yang saya maksud adalah dengan menginstall kembali windows 1o.
iyah, menginstall ulang windows secara keseluruhan.

gimana ? ribet kan. maka dari itu, seharusnya kalian mencoba dahulu windows 11 ini sebelum lanjut untuk mengupdate perangkat kalian. 

tapi, sebelum kalian menginstal ulang OS, ada baiknya kalian mempersiapkan dahulu file yang dibutuhkan nantinya, seperti Driver, dan software yang kalian perlukan


Terus bagaimana dengan windows 11 bawaan ? andai kata kalian membeli produk laptop / PC keluaran terbaru, kemungkinan kalian akan mendapatkan windows 11 original yang tertaut dengan Laptop/Pc tersebut. namun seperti pada tulisan diatas, kalian ingin downgrade ke windows 10 atau bahkan ke windows versi sebelumnya. yang kalian perlu dan sangat perhatikan adalah "DRIVER". karena ini adalah faktor yang sangat amat penting. tanpa Driver yang tepat, maka hardware kalian akan tidak berjalan dengan baik, bahkan tidak akan berjalan. 

bahkan disatu kasus, driver yang tidak cocok, akan ditolak oleh hardware tersebut, namun jika di "paksakan", maka akan terjadi eror.

hal ini dikarenakan oleh Hardware keluaran terbaru saat ini, kemungkinan besar tidak lagi mendukung OS versi sebelumnya, bukan hanya OS windows, bahkan OS lainpun seperti Linux.

jadi bagaimana ? 

terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. jika ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah. 

Support Chanel kami NSNET id


Post a Comment for "Cara downgrade Windows 11 ke 10"