5 Hal penting sebelum instal ulang windows



Hallo sahabat windows, pada tulisan kali ini, saya akan bahas hal apa saja yang perlu diperhatikan saat menginstal ulang sistim di laptop atau komputer kita. 

5 Hal penting sebelum instal ulang windows


Menginstal ulang windows, tentunya dilakukan dengan berbagai alasan bagi penggunanya, belakangan ini menginstal windows juga semakin gampang, apalagi dengan metode boot flashdisk. tapi sebelum anda ingin menginstal ulang windows anda ( instal ulang system ), ada baiknya anda harus memerhatikan seperti


1. Driver



    ada baiknya anda memeriksa tipe driver anda, contohnya jika anda sekarang memakai windows 10 ( kebanyakan windows 10 digunakan oleh laptop baru atau windows bawaan), dan anda akan menginstal ke windows 7. tentunya driver yang anda pakai juga berbeda, begitu juga dengan BIT driver tersebut, apakah 32bit atau 64bit. driver yang susah didapatkan biasa adalah driver audio dan vga. jadi periksa dahulu driver windows anda, gunakan DVD driver bawaan dari laptop/PC anda. atau coba cari di situs sesuai merek laptop anda. untuk lebih jelasnya tentang driver, silahkan browsing sendiri. :D

2. Data


     Ini dia yang penting, Data... saat menginstal ulang windows, cara terbaik iyalah memformat partisi system (c), daripada hanya menimbah partisi tersebut. jadi jika anda memformat partisi ( misal C), maka data yang ada di partisi tersebut akan hangus. tahukah anda ? bahwa data yang ada di "document","Pictures","videos","dekstop","download","musi","juga termaksud partisi sistem biasa itu C" AKAN TERHAPUS. jadi, sebelum instal ulang, anda harus backup data anda dengan teliti :)

3. Jenis hardisk


     maksud dari jenis hardisk, adalah jenis apakah MBR atau GPT. untuk jelasnya seperti ini :

GPT : Sebenarnya GPT ini merupakan bagian dari EFI system, yang mana GPT ini mendefinisikan standar layout tabel partisi pada hardisk yang menggunakan Global Unique Identifier. Karena banyaknya keterbatasan yang dimiliki oleh MBR, banyak perangkat komputer modern yang mulai beralih ke GPT.

MBR : MBR merupakan singkatan dari Master Boot Record. MBR adalah tipe yang spesial dari boot sector ketika hardisk komputer pertama kali kamu partisi. MBR-lah yang memegang informasi mengenai logical partition, yang juga berisi file system, dan yang mengatur system tersebut.
Konsep MBR ini sudah ada sejak 1983. System MBR ini hanya dapat men-support maksimum penyimpanan sebesar 2 TB saja. Seperti yang kita tahu bahwa penyimpanan sekarang sudah banyak yang melebihi kapsitas 2 TB, maka dari itu beberapa proses dari MBR ini sudah mulai digantikan dengan GPT (GUID Partition Table) yang kebanyakan sudah digunakan di komputer baru. Untuk menyesuaikan dengan sistem yang lama, GPT dapat digunakan berdampingan dengan MBR.

3. Letak Partisi


     sebelum anda menginstal ulang windows, jangan sampai salah pilih partisi hardisk, bisa jadi anda akan salah format, data penting anda akan hilang. bisa juga windows anda akan tergandakan. hal ini akan menggangu dan juga menjadikan sampah.

4. kecocokan software

     sama seperti driver, anda juga terlebih dahulu mengecek cocok atau ngak software yang akan anda gunakan nantinya (hal ini berlaku ketika ganti windows), karena kebanyakan software/aplikasi tidak cocok di windows 10, dan hanya cocok di windows 7. hal ini tentunya akan merugikan atau merepotkan anda jika sudah terlanjur menginstal ulang windows/sistem.

5. kelistrikan / batrei


    Jika anda ingin menginstal ulang windows anda, tentunya anda juga perlu menyiapkan atau mengisi daya laptop anda hingga penuh, karena jika dalam proses menginstal windows kemudian tiba tiba mati, tentunya akan berakibat crash, dan akan berpengaruh ke hardisk. meskipun bisa di instal ulang, tapi ini akan menjadikan waktu anda terbuang. begitu juga dengan Pc komputer, anda memastikan dahulu sebelum menginstal ulang windows agar tidak ada pemadaman bergilir.

oke guys, itu tulisan dari saya semoga bermanfaat. ini murni tulisan dan ide saya. jika ada kesalahan atau mau kritik dan saran, plis komen dibawah yah :) makasih guys.


................................................
............................................



Post a Comment for "5 Hal penting sebelum instal ulang windows"