Onvif ? Apa itu ? apa fungsinya ? (CCTV)

 



Kalian pernah dengar atau pernah liat pengaturan di IP CCTV atau NVR/DVR ?
disitu ada tulisan atau pengaturan Onvif, jadi apa sebenarnya Onvif itu ?

ONVIF adalah Sebuah system yang dikembangkan oleh sebuah forum industri terbuka yang memiliki tujuan memfasilitasi pengembangan dan penggunaan system secara terbuka untuk produk-produk keamanan yang berbasis IP (Internet Protocol).

jadi Onvif yang itu adalah memungkinkan CCTV kalian terhubung ke DVR atau NVR melalui sambungan Jaringan, entah Kabel maupun wifi (wireless).

contoh IP CCTV Onvif bisa kalian Cek disini. 



Onvif ? Apa itu ? apa fungsinya ? (CCTV)

kamera CCTV yang support dengan mode Onvif yang pernah Admin coba, adalah IP CCTV merek Bardi, saya hubungkan melalui Wireless Wifi, dan NVR yang Admin gunakan adalah NVR EseeCloud seperti ini. namun ada juga NVR atau DVR yang support Mode Onfiv seperti ini.

menurut kami, mode Onvif ini sangat simple, tidak ribet harus tarik kabel( kecuali pakai Kabel LAN) , jarak bisa lebih jauh lagi, tergantung setingan Jaringan Rumah kalian, contohnya kekuatan signal wifi ( Dipengaruhi model dan merek wifi, dan jumlah user yang konek). 

dengan adanya fitur Onvif ini, kami bisa berekperimen dengan jaringan. tapi yahhh.... ada IP CCTV tertentu yang mau konek pertama (awal) harus gunakan Internet. meskipun udah dapat IP dan udah satu network (WAJIB).

untuk NVR bisa kalian cek disini 

kalian mau tahu cara gunakannya seperti apa ?

yuk mampir ke Chanel Youtube Kami, dan ini video contoh penggunaan ONVIF tersebut.



oh iya,, untuk kamera Support Onvif juga bisa di hubungkan ke Laptop, cek Videonya disini 

Terimakasih telah membaca tulisan ini dari awal hingga akhir. kalau ada mungkin pertanyaan, komen aja di bawah :) jangan takut, Mimin ngak makan orang, gigit aja hehehehehe




6 comments for "Onvif ? Apa itu ? apa fungsinya ? (CCTV)"

  1. apakah semua ipcamera type v380 bisa diaktifkan onvif dan rtspnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih komentarnya bang, untuk V380 belum coba. btw v380 itu software, jadi tergantung IPcam nya lagi sih. ada hanya mode Online Live Saja, tapi utk konek ke NVR/DVR belum coba.

      tapi insyaAllah saya akan Coba, kebetulan anee ada unit v380 yang lagi tugas

      Delete
    2. Update :
      untuk Kamera V380 bisa menggunakan protokol RTSP,

      Delete
  2. mau nanya mas, apakah perlu koneksi internet ? kalau iya
    apa selama kita connect menggunakan onfiv akan terus tersedot kuota internetnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf telat balasnya.
      koneksi lewat onvif butuh internet (wajib), tapi hanya untuk menyambungkan awal saja, kalau sudah terhubung ke NVR, sudah tidak butuh internet, tapi butuh jaringan WIFI/LAN (offline), jadi kuota/bandwith internet tidak tersedot selama streaming NVR ke Kamera. terimakasih

      Delete
  3. Mas saya masih bingung sama metode yg digunakan CCTV Sleman. Coba ketik di Google lalu buka webnya, nah itu CCTV nya bisa distream-kan lewat web browser. Itu pake metode http atau gimana ya?

    ReplyDelete