Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips membeli hp bekas




hello guys, kali ini akan membahas tentang tips seperti diatas. jika anda berencana membeli hp bekas atau secon, yuk baca dulu tulisan saya ini, mungkin berguna. jangan lupa tinggalkan komentar yah.


1. Cari yang bergaransi

Untuk kamu yang cari handphone bekas, Tanya dulu garansi dari hape tersebut. masih aktiv atau ngak. jika masih aktiv kemungkinan hape itu juga original dan belum lama pemakaiannya. Namanya juga membeli barang second atau bekas jadi kemungkinan untuk rusak juga lebih tinggi. Kartu garansi menjadi salah satu yang harus kamu pertimbangan, cari smartphone bekas yang masih memiliki setidaknya 6 bulan garansi.

2. periksa segel dan baut


bagi anda calon pembeli hape bekas, sebelum beli liat dulu kondisi fisik dari hape tersebut. Terutama segel dan baut, apakah kertas segel sudah terputus/terkupas ? begitu juga bautnya, apakah masih lengkap atau ngak. Kenapa ?? karena itu menghindari kalau ternyata hape itu pernah di bongkar / service sebelumnya

3. cek nomor imei HP


Mengecek nomer imei adalah hal yang wajib untuk kita lakukan, ini bertujuan untuk mengecek keaslian dari smartphone android yang akan kita beli. Lalu pastikan bahwa nomor imei di hp android sesuai dengan imei di dosbook, cara cek imei smartphone android adalah keitkan *#06#* di panggilan dan klik panggil. kenapa harus sama imei Hp dan Dos ? ini memastikan hp tersebut bukan hasil dari yang kita tidak inginkan. Kan kita sendiri yang rugi kalau sampai berurusan dengan pihak berwajib. (hp hasil curian)

4. cek signal 


dibagian ini sangatlah penting, yah namanya HP pasti kita gunakan untuk terhubung ke jaringan. Cek semua signal yang ada, dari signal GSM (3G/LTE/4G), Wifi , hingga Bluetooth. Kan ngak ada gunanya hp jika signalnya rusak. 

5. tes speaker,earphone,dan microphone


ini juga penting, anda perlu mengetes earphone, dan microphone hape tersebut dengan tes telepon ke nomor lain. Jika tidak ada masalah. Lanjut tes Speaker hp itu dengan mencoba mendengar music. 

6. kenali penjual dan asal usul HP


bagi anda yang mau beli hape bekas, hati hati sebelum ber transaksi. Anda terlebih dahulu cari tahu siapa yang menjual hp tersebut. Contohnya jika dia posting lewat Facebook, maka anda cari tahu dulu dia itu siapa, apakah memang penjual, profil FB nya bukan bajakan, liat fadeback yang dihasilkan oleh jualannya. Jangan terpengaruh dengan Harga murah. Dan hindari transaksi di tempat sunyi, jika perlu bawalah teman anda untuk keamanan. Coba anda tanyakan kepada penjual, kenapa hape itu dijual, apakah butuh dana, atau memang penjual. Karena bisa saja anda akan membeli hp curian, atau bahkan menjebak anda !! jadi waspadaaa !

7. cek kelengkapan hp


untuk ini, mungkin bagi saya tidak terlalu penting, tapi tergantung anda dan keadaan. Jika dia jual dengan harga seadanya, kemungkinan hanya hape batangan ( hanya HP ), tapi jika dia bilang lengkap full set, berarti yang dia tawarkan ialah HP beserta kelengkapannya. Yang anda periksa seperti charger, apakah berfungsi dengan baik, headset juga perlu di cek, apakah masih layak di pakai. hahahahah

8. cek kamera dan fitur lainnya


salah satu fitur yang di nantikan untuk beli hp iyalah kamera. Tentunya kamu harus sangat teliti memperiksa kamera, cek spesifikasi yang ditawarkan oleh hape tersebut, cek pengaturannya. Cobalah ambil beberapa gambar dan video tentunya agar kamu nantinya tidak kecewa setelah membelinya. Ambillah video yang kira kira berdurasi 5 menit, apakah mampu atau ngak. Karena ada hape yang biasa tidak mampu karena panas atau yahh…

9. cek kondisi batrei


punya hape tapi ngak tahan lama, untuk apa ? bawa powerbank ? ribeeet… jadi bagi anda yang ingin beli hape bekas, cek kesehatan batrei sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Mengecek keadaan baterai android itu sangat perlu, ada dua macam jenis baterai android. Yaitu ada yang tidak bisa dilepas dan ada baterai yang bisa dilepas, keduanya memiliki keuntungan sendiri-sendiri. Yang jelas pastikan tidak memilih baterai yang sudah melembung atau sudah membesar karena baterai sudah menggelembung berarti sudah rusak.

10. Cek keaslian Hp tersebut


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dengan mengecek imei atau segel atau mungkin garansi hp tersebut, kita juga sudah mengecek keaslian hape tersebut. Karena hape saat ini banyak sekali tiruannya, seperti hp supercopy, yang sangat mirip dengan aslinya. Jika anda tidak pernah memakai hp bertipe itu sebelumnya, coba bawa teman anda yang sudah pernah, atau yang lagi pegang hp bertipe itu, karena akan beda yang dirasakan jika hp itu asli atau palsu (supercopy), jika ditangan orang yang ahli dan pengalaman. 

11. cek harga baru dan bekas ter update


ada baiknya anda Tanya Tanya dahulu tentang harga hp baru dan bekas terbaru, liat perbandingan dengan hape yang lain, yang sejenis atau mungkin yang lebih bagus. Atau mungkin anda lebih aman beli hp baru yang sudah jelas di beli ditoko yang jelas asal usulnya bergaransi pula. Tapi tidak dengan sebagaian orang termaksud saya. Lebih enak beli hp bekas, tapi kita harus teliti dalam membeli.

12. Lakukan transaksi yang aman


Sebelum anda jadi korban, atau yang tidak di inginkan terjadi, ada baiknya anda memilih transaksi yang aman, jika COD atau ketemu langsung, bawalah teman anda dan bertemu di tempat keramaian. Jika kirim mengirim, pakailah rekening bersama untuk solusi bersama.

Posting Komentar untuk "12 Tips membeli hp bekas"

Berlangganan via Email