Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Access Point ?



Acesspoint !
Halo pejuang wifi, pada postingan kali ini ns-net mau bahas tentang AccessPoint atau yang disingkat dengan AP. perangkat ini biasa digunakan bersamaan dengan mikrotik sebagai Wifi area dan menerima IP dari mikrotik. tapi dipostingan ini kita tidak membahas tentang setting settingan. 
AccessPoint adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (disingkat jadi AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
Accesspoint juga perangkat, seperti router nirkabel / wireless, yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan lokal ataupun publik. AccessPoint dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.

Spesifikasi :

Spesifikasi                  Kecepatan           Frekuensi Band               Tipe

802.11b                        11 Mb/s                       ~2.4 GHz                    b

802.11a                        54 Mb/s                      ~5 GHz                       a

802.11g                        54 Mb/s                      ~2.4 GHz                    b, g

802.11n                       100 Mb/s                    ~2.4 GHz                     b, g, n
dan masih terus berkembang :)

Fungsi :


Secara garis besar, accessPoint berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :


1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device si pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel

Nah itulah beberapa fungsi dari access point. Jadi jika anda punya alat radio wireless anda bisa setting radio anda dengan mode access point. Setiap radio berbeda beda setting access pointnya. Namun pada dasarnya sama.

AccessPoint sesuai kebutuhan

AccessPoint dibagi menjadi 2 macam, ada yang indor, ada juga yang Outdor.
a. Indor
AP indor biasa digunakan didalam rumah, dan ditempatkan didalam ruangan dan terhindar dari cahaya matahari secara langsung dan hujan/air. tapi ada juga orang yang kreatif menaruh AP indor diruang terbuka, terkena ujan, atau ditempatkan diatas bangunan/tower, dan tentunya sudah dimodif terlebih dahulu. dan sekarang sudah banyak dijual box outdor.

b.outdor
Ap outdor biasa digunakan diluar rumah, dan ditempatkan di atas bangunan ataupun tower, dan tentunya tahan terhadap segala cuaca termaksud terik matahari dan hujan ( ngak tau kalau petir ). biasanya AP outdor memang dirancang untuk Point to Point ataupun point to Multipoint.

jadi sekian dulu tulisan dari saya, jika ada yang kurang jelas dalam postingan, ataupun ingin bertanya sesuatu dan sesuiti, bisa sharing di kolom komentar. thx bro






Posting Komentar untuk "Access Point ?"

Berlangganan via Email