Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya backup Hardisk


Hallo pejuang wifi, pada tulisan kali ini saya akan membahas "seberapa penting membackup hardisk". tahukah anda, semua data file yang anda kerjakan di komputer PC atau laptop disimpan pada media penyimpanan pada PC atau laptop itu sendiri, kecuali anda menyimpannya ke media lain seperti Flashdisk, piringan CD/DVD, hardisk external, dan lain sebagainya.
Tetapi, tahukah anda seberapa penting membackup Data file yang ada di hardisk anda ? jawabannya " tergantung !" bisa jadi sangat penting, bisa jadi sangat sangat penting, bisa jadi jawabannya tidak terlalu penting. kenapa demikian, tentunya setiap pengguna komputer / laptop berbeda beda, tergantung pemakaian dan usernya.

Bagi saya Hardisk adalah salah satu perangkat yang sangat dijaga, karena perangkat satu ini menyimpan file file yang sudah kita kerjakan, dititipkan, ataupun yang ingin kita abadikan. jika hal dalam suatu komputer yang bermasalah adalah Memori ram, maka kita tinggal mencari pengganti Ram yang rusak itu, dengan cara membeli atau meminjam dengan teman. begitu juga perangkat lain seperti power supply, processor, Mainboard, dll. barang tersebut masih bisa digantikan dengan cara meminjam atau membelinya. bagaimana dengan hardisk ? bisa juga kok dibeli dan digantikan yang baru. tapi bagaimana dengan data yang ada didalamnya ? apa masih bisa di gantikan ? tenang, bisa kok. dicopy dari hardisk, flash, cd/dvd teman atau simpanan sebelumnya. Tapi bagaimana jika ternya file yang ada dihardisk anda adalah satu satunya file yang tersisa alias tidak adalagi file yang serupa dengan file tersebut ! tengan, masih bisa Recovery ( pada kasus hardisk yang terformat). tapi tapi tapi bagimana jika hardiks tersebut sudah rusak permanen atau tidak terdeteksi lagi untuk dibuka di perangkat manapun ? tentunya ini kita membutuhkan keahlian khusus untuk mengangkat kembali data kita, tentunya tanpa keahlian khusus, kita hanya perlu sabar dan sabar untuk menghadapi bencana yang telah menimpah. tentunya harus belajar ikhlas !

Itulah mengapa pentingnya untuk membackup Hardisk yang menurut kita sangatlah penting. yang jadi pertanyaan adalah, saya tidak memiliki media penyimpanan cadangan, ngak punya flashdisk, apalagi hardisk. tenang... yang anda harus lakukan adalah memilih dan memilah file yang anda rasa cukup penting, dan sangat penting untuk di backup ( biasanya para pekerja kantoran atau mahasiswa, data terpentinga adalah file excel atau word ), pilihlah file file yang sangat sangat berarti. saya sarankan film ngak usah dibackup. nanti bisa didownload kembali atau beli filmnya, begitu juga software, bisa didownload kembali, jika menurut anda terlalu penting, gunakanlah Teman anda sebagai media backup ( Laptop/PC teman ), jika suatu saat hardisk anda bermasalah, cari teman anda dan copy kembali file tersebut. nah untuk file yang sensitif, saya sarankan anda untuk membackupnya secara online, begitu banyak media beackup online yang ada saat ini. seperti Google Drive, Dropbox, icloud, Onedrive, Mega, dan lain sebagainya.

https://www.dropbox.com/

https://www.google.com/drive/

https://www.icloud.com/
https://mega.nz/

https://onedrive.live.com/
 media penyimpanan online ini tentunya memiliki stroage penyimpanan yang terbatas (google drive : 15GB), tapi bisa diupgrade tentunya dengan membayar dengan sejumlah uang, dan keuntungan dari media penyimpanan online adalah kita bisa mengakses data kita dari mana saja, dari handphone cerdas, laptop, pc, dan dimana saja ( ada negara tertentu yang tidak bisa) , tapi tentunya kita membutuhkan aceess internet yah... tanpa internet, yah kita tidak bisa mengakses data, terus solusinya bagaimana ?? Beli Flashdisk atau Hardisk, jika menurut anda file tersebut sangat sangat penting, maka anda harus berusaha untuknya. nsnet

Posting Komentar untuk "Pentingnya backup Hardisk"

Berlangganan via Email