Layar Hitam pada Client ANBK ? begini cara atasinya - ANBK 2022

 Halo semua, pada tulisan kali ini saya akan berbagi tutorial lagi, seputar kegiatan ANBK.

jadi pada tulisan ini, saya akan berbagi pengalaman kemarin pada saat melaksanakan kegiatan Gladi ataupun kegiatan utama ANBK 2022 pada jenjang SMA Sederajat.



Pengantar

jadi admin punya cerita nih, pada saat kami melakukan persiapan jelang Gladi ANBK pada waktu lalu, kami kami sempat memiliki kendala yang terbilang rumit. kenapa rumit ? dikarenakan kami tidak menemukan solusi di berbagai tempat.

disaat instalasi exambrowser pada client (Copy paste), kemudian kami membuka file exe tersebut, tapi yang terjadi adalah layar hitam dan sudah tidak terjadi respon lagi. di berbagai komputer kami buka, namun tetap seperti itu. 

akhirnya kami memutuskan untuk menginstall ulang komputer tersebut dengan berharap windows lebih optimal dan aplikasi tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sempurna.

namun ternyata tetap saja eror seperti itu (Layar Hitam), akhirnya kami browsing google kesana kemari untuk mencari artikel yang memuat solusi Black Screen ini, namun sepertinya tidak ada yang sama dengan permasalahan yang kami alami. 

kami juga sempat membaca PDF Juknis yang tersedia di WEB ANBK, berharap disana ada tutorial yang mungkin bisa kami pakai untuk mengatasi black screen ini. 

ternyata disana hanya berupa keterangan sebab dan akibat, namun belum ada solusi yang jelas. 

Layar Hitam pada Client ANBK ? begini cara atasinya - ANBK 2022

setelah beberapa saat, kami menganalisa dengan petunjuk yang ada, yang dimana menurut juknis aplikasi tersebut tidak di izinkan oleh Sistem untuk terbuka. yang akibatnya aplikasi menjadi Black Screen atau Layar Hitam.

kemudian, kami membuka file exambro tersebut dan membuka settingan/pengaturan berharap bisa menemukan lokasi Browser yang digunakan, kami mencurigai bahwa ini disebabkan oleh browser yang error.

namun pada menu Settings, kami tidak menemukan pengaturan yang mengarahkan ke Browser, jadi kami mencari settingan tersebut di file exambro, berharap disana ada settingan manual yang bisa kami edit.

namun kami tidak dapat menemukan file tersebut. jadi kami menyimpulkan bahwa Exambro ini memiliki Browser milik sendiri.yang artinya tidak terhubung dengan google chrome yang kami installkan berkali kali.

kemudian, kami mencari file yang memungkinkan sebagai browser bawaan dari Exambrowser Client ini. dan benar saja, file tersebut benar adanya. dan akhirnya kami berhasil memperbaiki Black Screen tersebut. 

jadi sekian tulisan ini...

eh belum kawan, tenang aja. kami akan merangkup apa saja yang bisa kalian lakukan jika terjadi Black Screen ini. sebagai Operator Kegiatan, entah Teknisi atau Proktor, pasti bingung dengan kendala yang di hadapi jelang kegiatan. rasanya tiap tahun meskipun sudah di update, tapi masih ada saja Eror yang terjadi dengan Aplikasi tercinta ini.

namun kalian tenang saja, kami akan bagikan pengalaman kami buat kalian yang sudah membaca artikel ini.

Tutorial

jadi pada tutorial kali ini, kami akan menggunakan Exambro Client versi x64 seperti pada gambar dibawah ini. namun sebelum itu, kalian harus matikan dahulu yah Antivirus sebelum mengekstracknya.

namun, jika kalian sudah terlanjur membuka Exambrowser Client, dan terjadi Black Screen, untuk keluar atau Exit dari program tersebut, cara yang bisa kalian gunakan adalah dengan mematikan paksa komputer tersebut. karena Tombol Ctrl + C + B tidak berfungsi. jadi kalian harus mereset atau mematikan komputer tersebut secara paksa (brutal).





kemudian kalian Extrack, disini saya menggunakan Winrar.



nanti akan ada folder yang muncul hasil extrack.




ketika kalian masuk dalam folder tersebut, pasti di dalam folder tersebut memiliki banyak file seperti ini.



kamudian kalian masuk ke folder

 "\Exambrowser_Windows_22.0808_64bit\Application\service\elekbrowser" 

nanti kalian akan menemukan folder Elekbrowser seperti pada gambar dibawah. jika kalian bingung, kalian masuk saja di folder, nanti kalian akan menemukan folder ini, tidak begitu sulit menemukan folder ini, dan di atas juga ada alamat foldernya 

 


kemudian pada folder tersebut kalian menemukan file Exe yaitu Elekbrowser.exe, kalian jalankan file tersebut dengan mengklik 2 kali. (Klik kiri), 




kemudian, nanti akan ada konfirmasi, kalian harus memilih Allow, atau RUN jika meuncul menu. tiap windows berbeda beda, namun saya akan memberikan contoh gambarnya dibawah ini.

yang intinya kalian harus klik Run jika ada yang muncul.


kemudian, nanti akan muncul eror seperti ini, kalian cukup klik ok. nanti akan exit dengan sendirinya.


nanti akan muncul Loading seperti dibawah ini, jika seperti ini, kalian cukup menekan Alt + F4 pada keyboard, untuk exit atau keluar dari Loading seperti di bawah ini. ingat yah. tekan Alt + F4.\




jika sudah keluar/close, maka tutorial ini sudah selesai. kalian sudah bisa menjalankan Exambrowser Client tanpa mengalami Black Screen lagi.

masih bingung mana exambro client yang mau dibuka ?
nih,


Penutup


Jadi sekian tutorial pada kali ini, semoga bermanfaat. jika kalian memiliki kendala, kalian bisa komentar dibawah ini, atau bisa kunjungi halaman Media Sosial kami Disini

Dukung juga Chanel Youtube kami NSNET ID, disana kami memberikan Tutorial berupa video yang mungkin kalian butuhkan. semoga tulisan ini bermanfaat, sekian dan terima gajih.



Post a Comment for "Layar Hitam pada Client ANBK ? begini cara atasinya - ANBK 2022"