Wifi konek tapi no internet ? Cek ip nya

Halo semua, pada artikel kali ini saya akan berbagi tulisan, Apakah Device kita sudah benar mendapatkan alamat IP yang benar ? apakah gatewaynya juga sudah benar ?

Cek alamat IP device apakah alamat IP dan Gateway sudah terhubung dengan benar


sebelumnya terima kasih kalian telah membaca tulisan ini.
untuk memahami maksud dan tulisan ini, saya harap kalian membaca hingga selesai. agar tidak ada kesalahpahaman.
Pembahasan

tahukah kalian,ketika laptop atau handphone sudah terhubung ke wifi, kadang tidak mendapatkan alamat IP yang benar, atau Alamat Gateway juga tidak didapatkan.

itulah yang membuat koneksi internet tidak tersedia. jangankan membuka akses internet, bahkan membuka gateway modem/router saja tidak bisa.

Melakukan PING

cara sederhana yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan PING ke alamat IP Modem, selanjutnya melakukan PING ke alamat Internet (contoh: 8.8.8.8).

dari tadi kita bahas PING, namun apakah PING itu ?bahasa sederhananya adalah kita memanggil alamat IP tujuan, di sana kita melihat tersedia alamat tersebut atau tidak, di sana juga kita bisa melihat ada kecepatannya.

contoh (melakukan ping ke alamat google)
PING www.google.com -t

kemudian bagaimana cara melakukan PING ?

cara melakukan PING ada beberapa cara, dan tergantung sistem Operasi apa yang kita gunakan. kita akan memberikan 2 contoh, yaitu Sistem operasi Windows (10) dan Linux (Ubuntu).

Windows : kita akan menggunakan Windows 10.

Cara 1 : pada tombol start, kita mencari command prompt (CMD), atau bisa langsung mengetiknya. Saat CMD terbuka, kita hanya mengetik perintah PING “alamat” kemudian “-t”.

contoh “ping www.google.com -t” atau “ping 8.8.8.8 -t”

cara 2 : cara paling mudah adalah dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard, yaitu WINDOWS + R, kemudian akan membuka Jendela RUN, kemudian pada kolom tersebut kalian bisa menulis perintah yang sama di atas (sebelumnya)

contoh “ping www.google.com -t” atau “ping 8.8.8.8”

Ubuntu : kalian bisa mengetik perintah PING “alamat” (contoh: ping 192.168.0.1) pada terminal linux

untuk linux, saya tidak akan panjang lebar, karena saya juga tidak mempunyai bahan untuk tulisan ini.

contohnya, jika kalian ingin melakukan ping ke alamat Router/modem (contoh alamat IP Modem/Router yaitu 192.168.0.1) maka jadinya seperti ini :
Ping 192.168.0.1 -t

jika tampilan CMD seperti di bawah ini, maka koneksi antar perangkat sudah baik. tinggal dilihat lagi kecepatanya.





jika tampilan CMD seperti di bawah ini, maka koneksi antar perangkat tidak terhubung.




jika tidak terhubung, kemungkinan koneksi anda tidak sehat, terjadi sesuatu seperti pada awal tulisan saya. contoh, tidak mendapat alamat IP, alamat Gateway tidak terisi atau tidak benar.

namun jika koneksi Koneksi CMD (PING) berhasil, coba lanjutkan PING ke Alamat Google
contoh : ping www.google.com -t

jika tidak tulisan terkoneksi, kemungkinan internet kalian yang lagi bermasalah. bisa juga pengaturan pada modem kalian, yang sudah demikian diatur agar tidak mendapatkan akses internet (biasa terjadi di kawasan WIFI umum).

namun, bagaimana cara untuk mengetahui Alamat IP modem ? kalian bisa menanyakan hal itu dengan teknisi terkait, atau kalian langsun mengeceknya di perangkat yang sudah terkoneksi. 

contohnya pada laptop sistem operasi windows, kalian tinggal menulis perintah pada CMD, yaitu “IPCONFIG” di sana anda akan menemukan beberapa informasi, di antaranya adalah alamat IP, dan Gateway.

untuk perangkat handphone, kalian bisa mengeceknya di pengaturan, kemudian cari dibagian konektivitas (WIFI), buka wifi yang sedang terhubung, kemudian kalian bisa melihat ada “gerbang”, itulah alamat IP modem/router yang saya maksud. dan kalian bisa PING ke alamat itu.

di beberapa pengaturan (tergantung teknisi terkait), biasanya modem/router diatur dengan IP Tetap, yaitu memungkinkan perangkat yang terhubung harus mengisi secara manual Alamat yang telah tersedia (disediakan). ini kalian harus tanyakan dengan teknisinya.

namun, ini adalah salah satu solusi untuk mendapatkan alamat IP dan Gateway dengan benar, meskipun Modem/Router diatur dengan pengaturan Alamat Otomatis.

ada juga WIFI yang diatur dengan menggunakan Mode HOTSPOT. yaitu memungkinkan pengguna harus Masuk dengan informasi yang dibutuhkan (contoh: user dan password). cara ini biasa dilakukan oleh WIFI berbayar, atau kawasan Kantoran. agar wifi tersebut tidak dipakai secara umum. 

cara lain untuk mendapatkan alamat alamat itu, kalian bisa langsung masuk ke halaman Modem/Router. namun cara ini menurut saya butuh persetujuan dari teknisi. tetapi lebih baik jika ditanya saja alamat IP, atau minta tolong langsung saja hehehe
yang perlu kalian perhatikan, Alamat IP adalah alamat unik setiap perangkat, Alamat ini akan berbeda dengan alamat perangkat lainnya.

contoh : 
perangkat 1 : 192.168.0.101
perangkat 2 : 192.168.0.102
perangkat 3 : 192.168.0.103

namun untuk alamat Gerbang, itu semua sama (mengarah ke IP Modem/Router). jadi bisa disamakan dengan Perangkat lain yang sudah terhubung ke jaringan WIFI (laptop/Handphone).

selain alamat IP dan Gerbang, yang perlu kalian ketahui ada alamat lain yang selain alamat tersebut, yaitu alamat DNS, ini adalah alamat penyedia layanan internet. 

ini juga bisa kalian samakan dengan perangkat lain yang sudah terkoneksi, atau kalian bisa mengisinya dengan alamat DNS google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.

menurutku, itulah langkah yang bisa kalian Alamat IP kalian tidak tersedia.




terima kasih telah membaca artikel ini, semoga kalian bisa mengerti dengan maksud saya, dan tulisan ini bisa bermanfaat.
silakan bagikan tulisan ini kepada orang lain, agar orang lain juga terbantu.

Post a Comment for "Wifi konek tapi no internet ? Cek ip nya"