Mengatasi Hardisk 4 TB "hanya" terbaca 2Tb


Apakah kalian pernah beli hardisk 4Tb tapi ketika di windows hanya 2tb saja ? setelah di cek di "disk management" 2tb (ngak full sih 2tb) masih dalam keadaan kosong. tapi kok tetap ngak bisa di pakai yaa,,?

Mengatasi Hardisk 4 TB "hanya" terbaca 2Tb


permasalahan di atas sebenarnya sangat gampang, tapi kita uji dahulu sebelum lanjut ke langkah lebih lanjut.


jika di anda buka di disk management pada windows ( cari di google jika bingung apa itu disk management / cara buka disk management ) keadaan hardisk sisa 4tb tersebut menjadi warna hitam "Unallocated", coba anda kli kanan pada partisi itu, kemudian pilih "new simple volume", jika bisa dan berhasil. maka teman teman tidak pelu ke langkah selanjutnya. 

so sekian tutorial dari saya.... ehh belum broo
gimana jika belum berhasil ?

jika tidak berhasil, teman teman perlu melihat jenis sistem hardisk yang sedang di gunakan, apakah GPT atau MBR ? \

CARA cek bisa memakai software "Aomei Partition"




jika sistem yang di pakai ternyata adalah MBR, disitulah letak masalahnya. yang perlu anda lakukan iyalah membackup data teman teman jika sudah terlanjur di isi data (sangat di anjurkan), kemudian teman teman mengkonvert hardisk tersebut ke sistem GPT, biasa bisa di langsung ( pakai software hardisk Utility, contoh : AOMEI PARTITION) , dengan meng klik kanan kemudian "convert to GPT". jika muncul eror atau hambatan, ada baiknya teman - teman format hardisknya, kemudian di coba convert lagi ke GPT, trus buat partisi baru. Insya Allah sampai sini pasti bisa.

Atau bisa kalian liat di situs ini : https://www.aomeitech.com/windows-10/windows-10-4tb-hard-drive-3889.html

menurut pengalaman NSnet.id, bisa langsung mengkonversi hardisk dengan cara di atas tanpa memformat ( tapi kami melakukan backup data ). Jadi gimana menurut kalian ? tulis dikomentar jika ada kendala. thx


1 comment for "Mengatasi Hardisk 4 TB "hanya" terbaca 2Tb"

  1. Terima aksih atas informasi nya gan, sangat membantu
    https://jakartarentallaptop.com/rental-laptop-jakarta-pusat/

    ReplyDelete