Cara Menghubungkan CCTV Bardi dan Acome ke NVR Uniarch (ONVIF & RTSP)

Cara Menghubungkan Kamera CCTV ke NVR dengan ONVIF atau RTSP

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda tentang cara menghubungkan kamera CCTV ke NVR menggunakan protokol ONVIF atau RTSP. Pastikan Anda telah memenuhi syarat-syarat berikut sebelum memulai.

Persiapan Prasyarat

Pastikan Anda memiliki jaringan Wi-Fi yang terhubung ke internet. Ini diperlukan jika Anda menggunakan ONVIF. Jika Anda menggunakan RTSP, internet tidak diperlukan.

CCTV yang akan dihubungkan harus sudah dipasangkan dan terhubung ke aplikasi masing-masing (kami menggunakan Tuya sebagai contoh). Pastikan Anda dapat mengakses CCTV dari perangkat seluler Anda.

NVR Siap Digunakan

Pastikan NVR Anda sudah siap digunakan dan terhubung ke jaringan yang sama dengan CCTV.

Siapkan Channel Kosong

Pastikan Anda memiliki saluran kosong atau kosong di NVR yang akan digunakan untuk menghubungkan CCTV. Ini adalah tempat di mana Anda akan menampilkan feed video CCTV Anda.

Pengaturan Menggunakan Laptop

Siapkan laptop Anda untuk melakukan pengaturan. Anda akan menggunakan laptop untuk menghubungkan CCTV ke NVR.

Setting CCTV Bardi di NVR 8CH

ONVIF

Setting CCTV di aplikasi, hidupkan ONVIF, catat IP dan catat password yang dibuat. Jika lupa, Anda mending reset CCTVnya, kemudian pair kembali, dan hidupkan lagi ONVIF seperti tadi. Jangan lupa passwordnya dicatat (password ONVIF).

Kemudian cek IP yang didapatkan NVR, ke laptop, dan akses NVR dari browser, ketik IP NVR, masukkan user dan password NVR, dan tambahkan CCTV pada channel kosong. Kemudian masukkan IP, user, dan password, serta pilih mode ONVIF. Jika data yang Anda isi benar, tunggu beberapa saat, nanti akan konek. Anda bisa cek di monitor NVR atau refresh browser Anda.

RTSP

Masih menggunakan data yang sama seperti tadi pada CCTV, akses ke NVR, tambahkan CCTV, pilih custom, kemudian pilih protokol, dan pilih custom yang belum disetting. Beri nama seperti BARDI, kemudian isikan seperti ini:

Port: 8554
Protokol: TCP
Alamat Stream 1: Streaming/Channels/101
Alamat Stream 2: Streaming/Channels/102
Jangan lupa di centang untuk "enable sub stream" kemudian save.

Jangan lupa isi data CCTV seperti IP, username, dan password. Jika benar, otomatis CCTV akan muncul pada layar.

Setting CCTV Acome di NVR 16CH

ONVIF

Caranya sama dengan Bardi tadi, Anda hanya perlu mengaktifkan ONVIF, jangan lupa catat password yang Anda buat, catat juga IP yang didapatkan. Akses NVR dari laptop dengan memanggil alamat IP NVR, kemudian login menggunakan user dan password NVR. Masuk ke pengaturan dan kamera. Tambahkan kamera, dan masukkan data yang diperlukan seperti IP, user, dan password, serta protokol ONVIF. Jika benar maka CCTV akan segera live di monitor NVR.

RTSP

Cara yang sama seperti CCTV Bardi, tapi yang membedakan adalah alamat yang digunakan oleh Bardi dan Acome berbeda. Jadi Anda harus membuat di Kostum baru, dan beri nama ACOME, ikuti saja langkah-langkahnya seperti tadi.

Kemudian isi data seperti ini:

Port: 5543
Protokol: UDP (jika tidak konek, bisa ganti ke TCP)
Alamat Stream 1: live/channel0 (utama)
Alamat Stream 2: live/channel1 (secondary)
Jangan lupa centang untuk "enable sub stream" kemudian save.

Kemudian isi data dari CCTV, seperti IP, user, dan password. Untuk protokol jangan lupa pilih yang sudah disetting tadi. Jika benar, maka CCTV akan segera live di monitor.

Lebih Baik Pilih RTSP

Pengalaman saya beberapa bulan ini menggunakan mode ONVIF di kedua kamera, yaitu sering Lose jika NVR mati, dan akan konek ketika kita buka aplikasi pada HP, jadi agak ribet. Kata teman saya sebenarnya bisa disetting di NVR, tapi saya belum dapat settingannya. Jadi saya menggunakan mode RTSP, ketika CCTV atau NVR padam, akan segera konek beberapa saat, dan beberapa waktu ini aman-aman saja, untuk kualitas semua sama.

Namun yang perlu Anda perhatikan untuk setting RTSP, agar mengaktifkan "sub streaming", agar NVR Anda bisa maksimal untuk proses videonya.

Jadi, itulah tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Jika ada yang bingung, Anda bisa komentar di bawah, saya berusaha untuk menjawab apa yang saya tahu dan uji sendiri.

Post a Comment for "Cara Menghubungkan CCTV Bardi dan Acome ke NVR Uniarch (ONVIF & RTSP)"