Jenis Media Penyimpanan



Jenis Media Penyimpanan 

Pengantar

Media penyimpanan adalah suatu perangkat yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen atau sementara. Data yang disimpan dapat berupa file, dokumen, gambar, video, atau segala macam informasi lain yang bisa disimpan dalam bentuk digital.

Media penyimpanan terbagi menjadi dua jenis, yaitu media penyimpanan internal dan media penyimpanan eksternal. Media penyimpanan internal adalah media penyimpanan yang terdapat di dalam komputer atau perangkat elektronik lain, seperti hard disk drive (HDD) atau solid state drive (SSD). Media penyimpanan eksternal adalah media penyimpanan yang dapat dicolokkan ke komputer atau perangkat elektronik lain, seperti flash drive atau memory card.

Media penyimpanan dapat menyimpan data secara permanen atau sementara tergantung pada jenis media penyimpanan yang digunakan. Media penyimpanan yang menyimpan data secara permanen, seperti hard disk drive (HDD) atau solid state drive (SSD), dapat menyimpan data hingga perangkat tersebut rusak atau dihapus secara sengaja. Sedangkan media penyimpanan yang menyimpan data secara sementara, seperti flash drive atau memory card, dapat menyimpan data hingga perangkat tersebut dihapus atau diformat.



Jenis jenisnya

Ada beberapa jenis media penyimpanan data yang bisa digunakan, diantaranya adalah:

  1. Hard disk drive (HDD)
  2. Solid state drive (SSD)
  3. Flash drive
  4. Memory card
  5. Cloud storage
  6. DVD
  7. CD
  8. Floppy disk
  9. Tape drive

Penjelasan

Hard disk drive (HDD) adalah media penyimpanan data yang terdiri dari sebuah disk keras dengan magnetik yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Solid state drive (SSD) merupakan media penyimpanan yang terdiri dari chip flash memory yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Flash drive adalah media penyimpanan data yang terdiri dari chip flash memory yang dapat dicolokkan ke komputer atau perangkat lain melalui USB.

Memory card adalah media penyimpanan data yang terdiri dari chip flash memory yang dapat dicolokkan ke perangkat elektronik, seperti kamera digital atau ponsel. Cloud storage adalah media penyimpanan data yang terdiri dari server yang terhubung ke internet yang digunakan untuk menyimpan data secara online.

DVD (digital versatile disc) adalah media penyimpanan data yang terdiri dari sebuah disc yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. CD (compact disc) merupakan media penyimpanan data yang terdiri dari sebuah disc yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Floppy disk adalah media penyimpanan data yang terdiri dari sebuah disk yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara.

Tape drive adalah media penyimpanan data yang terdiri dari sebuah tape yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Tape drive biasa digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar dengan kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.



Post a Comment for "Jenis Media Penyimpanan"