Bolehkah mencuci mainboard Komputer ?




Pengantar

Seperti pada tulisan diatas, terkadang para teknisi/non teknisi biasa melakukan hal ini. membuat tulisan ini, saya pernah membuat konten youtube (shorts) tentang bagaimana cara memperbaiki Grafik Card yang rusak, video tersebut cukup viral hingga 2jt tanyangan. saya sih hanya bercanda buat video kek gitu dan ingin melihat tanggapan orang orang tentang cara tersebut. namun video itu banyak ditanggapi oleh orang luar yang sangat menentang cara itu. kenapa harus dicuci menggunakan air ? yah karena dengan cara itu di anggap cara paling simple atau unik untuk memperbaiki mainboard tersebut. 

Bolehkah mencuci Maiboard Komputer dengan Air ? 

Sebaiknya jangan mencoba mencuci mainboard CPU dengan air dan sabun. Mainboard merupakan bagian penting dari komputer yang sangat sensitif terhadap air dan kelembaban. Jika air atau kelembaban masuk ke dalam mainboard, bisa menyebabkan kerusakan permanen yang akan mempengaruhi kinerja komputer.

Jika mainboard mengalami kotoran atau debu yang menempel di bagian luar, Anda bisa membersihkannya dengan cara menyapu atau meniup debu tersebut dengan bantuan sikat atau peniup debu. Namun, jika mainboard terlalu kotor atau terdapat tumpahan minuman atau cairan lain di atasnya, sebaiknya meminta bantuan teknisi komputer yang terpercaya untuk membersihkannya dengan cara yang tepat.

bagaimana cara tepatnya ?

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan mainboard dengan benar:

  1. Matikan komputer dan cabut semua kabel yang terhubung ke mainboard.

  2. Buka kasing komputer dengan menggunakan obeng atau alat lain yang sesuai.

  3. Lepaskan semua komponen yang terhubung ke mainboard, seperti prosesor, RAM, kartu grafis, dll.

  4. Pastikan area di sekitar mainboard sudah bersih dari debu atau kotoran yang menempel.

  5. Jika mainboard masih terlihat kotor, Anda bisa menggunakan sikat lembut atau penyedot debu untuk membersihkannya.

  6. Jangan menyentuh bagian-bagian elektronik yang terdapat pada mainboard dengan tangan karena bisa menyebabkan kerusakan.

  7. Setelah selesai membersihkan mainboard, pasang kembali semua komponen yang telah dilepas dan tutup kembali kasing komputer.

Ingat, jangan pernah menggunakan air atau cairan lain untuk membersihkan mainboard. Juga jangan mencoba menyentuh bagian-bagian elektronik yang terdapat pada mainboard dengan tangan yang basah atau keringat. Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk membersihkan mainboard sendiri, sebaiknya meminta bantuan teknisi komputer yang terpercaya untuk melakukannya.

Post a Comment for "Bolehkah mencuci mainboard Komputer ?"