OFFLINE pada Server ANBK mode Semi Online - begini solusinya




PENGANTAR

 Tidak terasa kegiatan anbk 2022 sudah di laksanakan pada hari ini tanggal 29 agustus 2022, pada hari ini tentunya kegiatan ANBK yang dilaksanakan pada jenjang SMA/SMK/MA Sederajat.

Seperti diketahui, kegiatan ANBK ini terbagi atas 2 Mode setahu kami, yaitu mode Full online atau Daring, dan satunya adalah Mode Semi Online atau Semi Daring.

Untuk sekolah pelaksana yang menggunakan Mode Full Online, tentunya agak sedikit mudah dengan aplikasi yang siapkan, seperti menyiapkan aplikasi yang terupdate untuk server maupun client, dan yang paling menguntungkan adalah tidak ada yang namanya singkronisasi.

 Selain menyiapkan fasilitas client dan server, tentunya operator menyiapkan internet ke semua client, karena untuk mode full online, client wajib menggunakan internet. tapi untungnya untuk server tidak perlu menggunakan spesifikasi yang spesifik, meskipun itu hanya x32 bit. 

kenapa seperti itu ?

Karena untuk full online, kita tinggal mengakses data peserta dan server melalui internet yang terhubung ke server nasional.

Oke kembali ke topik.

Beda cerita dengan menggunakan Mode Semi Online, selain operator menyiapkan Client peserta, server yang di gunakan adalah server yang lebih spesifik, karena server digunakan untuk mengambil data dari server nasional melalui internet, atau yang kita kenal dengan istilah Singkronisasi.

Singkronisasi inilah yang kadang dan untuk sebagian operator kegiatan mengalami kendala.

singkronisasi sendiri biasa di jadwalkan 2 atau 3 hari sebelum kegiatan utama, jadi pada saat itulah operator seperti teknisi, dan proktor mengupayakan untuk menyelesaikan tugasnya. oh iya, berbeda dengan mode full online, untuk mode Semi online client tidak di wajibkan tidak terkoneksi ke internet, dan harus terhubung ke server lokal saja. jadi yang tethubung dengan internet hanya server saja.

Jadi pada tulisan ini, kami akan berbagi pengalaman untuk kalian yang mungkin terkendala dengan proses singkronisasi ataupun dengan servernya.

yang saya maksud disini adalah menjalankan aplikasinya yah, bukan CPU server yang digunakan. Untuk itu bisa kita bahas di lain waktu.

KRONOLOGI

Seperti yang kalian ketahui, ketika login ke aplikasi CBT dengan Exambrowser admin, ada beberapa Kode yang bisa kita lihat.

Seperti :

AKTIV, yang berarti aplikasi siap digunakan baik untuk Singkronisasi ataupun untuk Pelaksanaan.

Stanby Biru, adalah server sudah ready atau siap, dan tinggal menunggu untuk server pusat di buka.

Stanby Kuning, kode ini artinya ada kesamaan imput pada ID Server yang mengakibatkan tabrakan, solusinya kalian bisa mengajukan token atau menghubungi Helpdesk tingkat Kota/Kabupaten atau Provinsi.

Offline, Sedangkan untuk Oflline, artinya aplikasi kalian tidak terkoneksi ke server pusat.

OFFLINE pada Server ANBK mode Semi Online - begini solusinya

jadi pada tulisan ini, yang akan kita bahas yaitu tentang Offline, seperti pada keterangan di atas, untuk keterangan OFFLINE yang artinya Aplikasi tidak terhubung ke Server pusat. 

Menurut pengalaman saya, ada 2 jenis untuk mode OFFLINE ini, yang pertama adalah OFFLINE yang terjadi akibat Lokal atau kesalahan User/operator server, maksudnya disni adalah, mungkin server kalian memang benar benar tidak terhubung jaringan internet, atau jaringan internet kalian tidak stabil . contoh lainnya adalah ketikan operator atau teknisi jaringan memodifikasi internet sehingga memblokir terhubungnya dengan Server pusat. 

Untuk kasus lain, untuk Jenis OFFLINE disini, mungkin ada pada Server yang kalian gunakan. seperti terdapat malware, antivirus yang memblokir jaringan internet, atau virus.

Jika seperti itu, cara yang paling optimal adalah dengan menginstall kembali Windows kalian dan setting kembali Virtual Box kalian.

Namun

Berbeda dengan OFFLINE yang satunya, meskipun kalian sudah mengupayakan beberapa hal seperti menginstall ulang windows, mematikan firewall dan antivirus, dan sebagainya,

namun tetap terjadi OFFLINE pada aplikasi. Solusinya adalah kalian harus menghubungi Helpdesk tingkat kota/kabupaten atau provinsi untuk membuka akun ID Server kalian.

hal ini dikarenakan akun ID Server kalian sedang dikunci sehingga tidak terkoneksi dengan CBT pusat.

loh kok bisa ???

ada kok perbedaan antara 2 jenis OFFLINE INI.

OFFLINE pertama

  • internet mati atau tidak stabil
  • terjadi Ping yang tidak stabil pada internet
  • Pertama kali aplikasi dijalankan, Aplikasi kalian tidak mendapat Pembaruan, padahal ini adalah wajib yang muncul untuk pertama kalinya.
  • muncul keterangan pada dasboard ketika ingin memasukan id server password, disana muncul keterangan offline.

OFFLINE yang ke dua

  • akses internet pada server lancar, bisa youtube, bisa google dan lain sebagainya.
  • ping yang stabil
  • mendapatkan Pembaruan atau Update pada saat aplikasi pertama kali dijalankan atau ketika di rilis pembaruan, dan pachting berhasil.
  • tidak ada keterangan muncul di dasboard ketika ingin mengisi user ID server dan Password
Contoh OFFLINE ke 2 bisa kalian lihat pada gambar berikut







 



KESIMPULAN


Jadi untuk solusi OFFLINE yang ke dua ini adalah kalian harus melakukan Unlcok ID dengan menghubungi Operator / Helpsesk yang tersedia pada laman ANBK. dan yang perlu kalian ingat, jangan pernah membagikan dengan sembarang orang untuk User ID Server ataupun Peserta




okeh sekian tulisan saya pada saat ini, semoga bermanfaat. 
jika ada kendala atau pertanyaan seputar artikel ini, kalian bisa bertanya di kolom komentar atau bisa kunjungi media sosial kami DISINI

DOWNLOAD

Post a Comment for "OFFLINE pada Server ANBK mode Semi Online - begini solusinya"