Menginstall Driver Secara manual windows 10 dan 11

 Halo semua, pada tulisan kali ini NSNET ID akan berbagi tutorial, bagaimana sih cara mengintall driver secara manual ? ayo ikuti dan baca tulisan ini hingga selesai, agar kalian mengerti dengan apa yang aku sampaikan. karena setiap langkah langkah tutorial ini begitu penting, jika kalian lompati langkahnya, yang ada kalian akan mendapatkan jalan buntu.


Menginstall Driver Secara manual di windows 8, 10, hingga 11


jika kalian pernah mendownload file driver dari suatu situs, mungkin salah satunya dari website ini. kalian mungkin akan bingung dengan file yang aku bagikan. karena seringkali file yang aku rekomendasikan untuk diunduh, berupa file driver mentah tanpa petunjuk.

file driver ini adalah file mentah, atau driver yang tidak mempunyai langkah langkah atau eksekusi file, seperti file aplikasi pada umumnya, kalian menginstall file dengan memilih NEXT NEXT dan FINISH, cara itu tentunya sangatlah mudah. kalian tinggal mengikuti setiap langkahnya dan memilih jika ada opsi yang ditawarkan atau wajib salah satunya, kemudian hasil akhirnya akan selesai, dan proses instalasi driver pun selesai.

file driver yang aku maksud ini bukan jenis file yang seperti itu. namun file mentah yang hanya bisa di install secara manual, meskipun didalam folder tersebut terdapat file dengan extensi .EXE, namun jika kalian mengkliknya hanya akan muncul eror, itu dikarenakan file tersebut bukanlah file buat instalasi driver. 

namun, sebelum kalian menginstall driver secara manual, ada baiknya kalian baca dahulu tulisan ini hingga selesai, karena aku akan berbagi pengalaman tentang cara ini. jadi kalian perlu untuk menilainya.

Pengalaman

dengan menginstall driver secara manual, menurut aku cara ini begitu efektif jika driver device yang kalian ingin install tidak memiliki driver bawaan, atau susah didapatkan, entah lewat file Kaset CD/DVD ataupun lewat website.

cara ini menurut aku sangat bermanfaat, karena kalian menginstall driver dengan mudah dan pada umumnya ukuran filenya sangatlah kecil, dan menurut aku, cara ini juga dapat meminimalisir eror install, karena jika terjadi eror, driver tidak dapat dilanjutkan.

karena filenya pada umumnya ukuran filenya sangatlah kecil, kalian bisa membackupnya di Handphone atau mungkin di flashdisk, atau bahkan untuk menguploadnya di penyimpanan awan yang gratisan.

bahkan mengintall driver secara manual ini kalian bisa membackup Driver Laptop kalian, ataupun membackup Driver dari komputer lain, yang menurut kalian bisa kalian gunakan untuk perangkat lain yang kemungkinan memakai Device yang sama, atau mungkin bisa kalian gunakan sewaktu watku jika diperlukan.

untuk file driver, sebenarnya kalian bisa mendapatkannya diberbagai situs website, namun kalian jangan sampai salah download dan install, alih alih kalian menginstall driver, yang ada kalian malah menginstall malware ataupun iklan. kan jadi susah pada akhirnya.

untuk itu, kalian jangan sampai terpancing dengan kata download, karena disana banyak jebakan batman, jika kalian salah download, apalagi antivirus windows kalian lagi offline.

jadi seperti itu mungkin yang bisa aku sampaikan, sebenarnya masih banyak lagi, tapi artikel ini ditulis pada tengah malam, jadi konsep jadi lupa apa yang mau ditulis hehe.

jadi seperti apa caranya, ayo simak tulisan ini hingga selesai.


Tutorial

Yang pertama, kalian harus siapkan dahulu file yang berisi File Driver.

yang perlu kalian ingat, file driver ini biasa merupakan berjenis extensi ZIP atau RAR, atau mungkin 7zip, dan bukan file .EXE.


tapi beda cerita dengan file Driver yang aku cerita diawal tadi, yang jika di install muncul NEXT NEXT dan FINISH, atau install secara otomatis.


contoh file extensi winrar dan zip



setelah kalian dapat filenya, kalian harus ekstrak terlebih dahulu, ada baiknya kalian menginstall WINRAR terlebih dahulu agar bisa mengestrak berbagai extensi seperti file RAR, ZIP, ISO, dan lain sebagainya.



setelah file tersebut sudah terekstrak, nantinya akan membuat folder secara otomatis.




kemudian kalian Klik kanan pada Tombol Start (start button), nanti akan muncul device manager, atau kalian bisa klik kanan pada This PC (icon Komputer), kemudian kalian pilih Manage, setelah itu pilih Device Manager.


Klik kanan pada Start Button

Klik kanan pada Icon This PC



kemudian kalian cari Icon Device yang mempunyai icon Tanda Seru berwarna kuning, itu artinya device tersebut belum terinstall driver.

yang warna kuning, driver belum terinstall


pada icon tersebut, kalian tinggal klik kanan dan pilih Update Driver.nanti akan muncuk jendela baru, setelah itu kalian pilih menu ke dua, yaitu Browser my Computer for driver.







setelah itu kalian tekan tombol Browser, dan cari folder File driver yang tadi sudah kalian ekstrak. kemudian pilih ok. dan pilih next.






nanti akan memroses file kalian, jika cocok, driver dari device kalian akan segera terinstal.


kemudian finish dan keluar dari menu yang ada.


untuk lama penginstallan, itu tergantung device yang kalian install, biasa device yang paling lama di instal adalah GPU, dan biasanya file drivernya lumayan besar.


tapi yang perlu kalian ingat, tidak semua Device dengan mudah di install secara manual, ada beberapa Device yang tidak bisa di install secara manual, karena membutuhkan file lain yang terintegrasi dalam suatu file. tentunya kalian wajib menginstall driver tersebut dari website resminya. 


jadi itulah cara untuk menginstall driver secara manual, cara ini bisa kalian terapkan di berbagai jenis windows, seperti windows 7 , 8, 8.1, 10 dan windows 11.

semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian terutama pengunjung nsnet id, oh iya jangan lupa support chanel kami NSNET ID, dan jika kalian mengalami kesulitan dengan tulisan kami atau langkah demi langkah, kalian bisa tuliskan komentar kalian di bawah. terimakasih


Post a Comment for "Menginstall Driver Secara manual windows 10 dan 11"