Mengatasi gagal menyambung internet pada koneksi lan / wifi




Halo semua, pada artikel ini saya akan mencoba sharing menurut pengalaman pribadi saya.

sebagai seorang teknisi komputer (teknisi kecil kecilan hehehe), tentunya saya mendapat berbagai keluhan tentang perangkat komputer, salah satunya tentang jaringan. 

"wifi rusak yah ?"
"kok ngak konek wifi saya"
"wifi saya ngak nyambung"
"wifinya belum dibayar yah?"
"wifi laptop saya ngak konek, padahal di HP bisa"
"wifi saya kemarin bisa, sekarang kok ngak bisa yah"
"halo teknisi, bantu wifi saya ngak konek"
"halo, kamu besok terimagajih" Nah loh ....

Karena pengalaman tersebut, saya mencoba sharing dan merangkum beberapa cara yang mungkin berguna buat kalian semua.

okeh, cukup pengantar kita kali ini. ayo kita bahas.

1. Cek alamat IP device apakah alamat IP dan Gateway sudah terhubung dengan benar


Anda Bisa cek Alamat IP device anda apakah sudah terhubung dengan benar atau tidak, cara mengeceknya dengan cara cek IP dari perangkat lain, kemudian kalian bisa catat, apakah benar Alamat IP dan Gateway sudah benar. 

2. Lakukan Ping ke lokal dan internet

Jika IP dan gateway kalian sudah terisi dengan benar, kalian bisa melakukan PING ke Alamat Gateway router atau modem kalian, bisa juga mengetes internet dengan melakukan PING ke berbagai alamat situs, seperti google, facebook,dan sebagainya. dengan melakukan PING kita bisa mengetahui letak koneksi, contohnya jika koneksi lokal bisa, dan PING ke internet tidak bisa, bisa di tebak Router atau modem kalian mungkin tidak terhubung ke internet.

3. Cek pengaturan router atau modem

Anda bisa mengecek pengaturan router atau modem kalian, anda bisa mengecek pengaturan seperti alamat IP, apakah manual atau otomatis, anda bisa mencatat alamat IP yang tersedia untuk keperluan lainnya. Anda juga dapat mengecek alamat IP Internet atau WAN yang di dapatkan dari ISP, di beberapa router, anda bisa melihat router tersebut telah terkoneksi internet atau tidak.

4. Restart Router atau modem

Jika kalian merasa perlu, kalian bisa melakukan restart kepada router kalian, bisa melalui sistem ataupun secara fisik, yaitu dengan mencabut kabel power dan memasangkannya kembali. 

5. Putuskan lalu sambungkan kembali kabel lan atau Wifi secara fisik

Kalian bisa putuskan koneksi kabel LAN secara fisik, cabut kabel lan dan mungkin di bersihkan dahulu, kemudian pasang kembali. Jika Wifi kalian bisa mendisable kemudian enable lagi. 
Kemudian tunggu beberapa saat, kemudian cek alamat IP atau bisa lakukan PING ke router dan internet

6. Ganti kabel LAN atau krimping kembali

Tidak ada salahnya jika kalian mengganti kabel LAN kalian untuk mencoba, jika ternyata kabel LAN kalian yang bermasalah, anda juga bisa mengkrimping ulang Kabel LAN jika dirasa harus. Biasanya kabel lan mengalami aus, kotor, berkarat. Jadi mengganti atau mengkrimping ulang bisa kalian coba.

7. isi alamat IP dengan secara manual

kalian bisa mengisi Alamat IP, Gateway, dan dns secara manual. Kalian bisa cek dahulu router atau modem kalian melalui device lain, dan catat. Meskipun pengaturan modem atau router kalian dalam setingan otomatis, tapi jika kalian mengisi alamat yang benar, koneksi pasti berhasil, tentunya kalian bisa melakukan PING ke alamat lokal dan internet.

8. Jika memakai USB, pindah USB atau pindah Port USB

Jika kalian memakai device external, seperti USB to LAN, USB Wifi adapter, kalian bisa cabut dan pasang kembali device kalian, atau bisa ganti Port USB. Kalian juga pastikan device kalian tidak bermasalah, dengan melakukan pengetesan di laptop atau komputer lain. Pinjam laptop teman kalian.

9. Reset Network

Ini adalah jalan terakhir menurut saya. Kalian bisa mereset jaringan anda, cara ini selalu berhasil menurut saya, tapi resikonya adalah semua password wifi kalian akan terhapus, termaksud wifi tetangga. Tetapi kalian bisa koneksikan kembali

Post a Comment for "Mengatasi gagal menyambung internet pada koneksi lan / wifi"