Matikan Antivirus Windows 11

 Mungkin kalian pernah ketika mendownload suatu software yang extensinya adalah .exe, kemudian file tersebut secara tiba tiba terhapus secara otomatis.

setelah dicek kemudian, ternyata pelaku utamanya adalah Windows Defender alias antivirus bawaan dari windows.

antivirus defender bawaan windows ini memang menjadi perhatian khusus untuk usernya. bagaimana tidak, antivirus satu ini kadang menjengkelkan karena jika dibandingkan dengan antivirus lain, windows defender ini sedikit bahkan agak brutal dan tidak pilih pilih dalam mengkarantina atau memblokir file.

Matikan Antivirus Windows 11

antivirus bawaan windows yang sudah tersedia pada windows 7 ini memang menjadi perhatian untuk kalangan user yang sering berpetualangan atau yang mengerjakan suatu file yang ber ekstensi .exe, bukan hanya itu, untuk yang berbau jaringan atau networking atau file sharing pun tidak luput dari pemblokiran antivirus ini. 


meskipun seperti itu, windows defender ini juga memiliki peran yang sangat penting untuk keamanan firewall dan malware berbahaya yang selalu mengintai komputer usernya. dibanyak kejadian, windows defender yang sudah terupdate, lebih maksimal dalam menangani virus, namun sepertinya masih brutal dalam memblokir dan menghapus file file yang menurut kita itu bukan malware atau virus.


bukan hanya virus, software berupa keygen dan crack juga tidak luput dari pemblokiran antivirus bawaan windows ini. 


Matikan antivirus

sebenarnya kalian bisa mematikan antivirus bawaan ini dengan sementara. menurut saya, dengan mematikan secara sementara saja, kalian tidak harus mematikan windows defender ini secara permanen, karena antivirus ini juga banyak berguna ketika anda sering terhubung di jaringan internet. yang sering berselancar di internet, menurut saya antivirus ini sudah sangat cukup untuk mengatasi malware. saat kalian ingin mendownload file yang mungkin akan di anggap virus oleh windows defender, barulah kalian bisa mematikan antivirus ini.

mematikan antivirus ini bisa di atur sedemikian waktunya, seperti 15 menit, 1 jam, 5 jam, atau akan aktiv kembali saat kita merestart.

ayo ikuti cara berikut ini.


pada tray dekstop, kalian bisa mencari icon windows defender ini pada Tray windows yang berletak di Pojok kanan bawah, jika tidak tersedia, mungkin kalian akan menemukannya dengan mengklik icon panah ke atas.


disitu kalian bisa mengklik sebanyak 2 kali dengan cepat. nanti akan muncul window atau jendela baru yaitu defender. pada windows 10 versi terbaru dan windows 11, menu defender mungkin akan menyatu dengan navigasi settings. sedangkan pada windows 7 dan windows 11 versi 1709 kebawah, jendela windows defender ini akan terpisah dari control panel. namun untuk disabled atau menonaktifkannya kemungkinan akan juga akan ke diarahkan di control panel juga.

oke lanjut, pada jendela windows defender seperti dibawah ini



kalian bisa memilih menu pertama alias "virus & threat protection", kemudian nantinya akan terbuka seperti ini.



Pada menu defender ini, kalian pilih "manage settings" pada menu Virus & threat protection settings. nanti akan terbuka seperti pada gambar dibawah ini.


Kalian bisa menggeser tombol biru pada menu "real-time protection" di geser dari on ke off. kemudian akan muncul notifikasi jendela seperti ini, kalian pilih YES saja.


Dengan memilih yes pada windows security, maka antivirus kalian sudah disabled atau sudah non aktiv.

namun yang perlu kalian tahu, ketika kalian menonaktivkan defender ini, maka tidak ada pertahanan antivirus lagi. dan windows defender ini akan aktiv dengan kalian menekan (Menggeser) kembali menjadi ON. namun akan aktiv kembali ketika windows tersebut di restart kembali.


selain itu, dengan mematikan windows defender, akan meringankan kinerja dari komputer atau laptop anda. bagi yang laptopnya memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi, hal itu tidaklah menjadi masalah. tetap, jika laptop atau komputer user memiliki spesifikasi yang rendah, dengan aktifnya windows defender, akan memperberat kinerja laptop tersebut.

bagaimana dengan mematikan windows defender secara permanen ? kalian bisa baca artikel itu disini.


Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat. kalian bisa support Chanel Youtube saya di NSNETid.

terimakasih.



Post a Comment for "Matikan Antivirus Windows 11"