Berapa Standar Fps Bermain Game ? Anak gamers masuk !



Halo semua, pada saat ini banyak game yang telah beredar di pasaran, dari game yang Free to Play hingga yang berbayar. dari game yang bisa mode campangin atau hanya mode online saja.

Bagi kalian yang belum punya atau belum mempunyai pengalaman bermain game, entah di PC (komputer), Laptop, Mobile (Handphone), ataupun Console seperti PlayStation (PS1,PS2,PS3,PS4,P5), ataupun Xbox series, pada artikel ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya.


Berapa Standar Fps Bermain Game ? Anak gamers masuk !


kalian mungkin sering melihat atau mendengar Spesifikasi yang ditawarkan oleh produk, contohnya "pada VGA dan Processor ini, bisa menghasilkan FPS tinggi Pada game ini, di resolusi 1080p bisa mencapai 144fps dan 60fps di resolusi 4K". 

atau seperti ini "mending beli consol daripada beli Rakit PC, harga segitu bisa dapat PS 5, kalau rakit PC mah paling dapat itu saja, apalagi beli laptop, di consol mah smooth/halus, bisa 60fps di resolusi 4k"

bagi kalian yang hanya melihat, atau hanya mendengar seperti di atas, kalian pasti bingung untuk menetukan perangkat apa yang cocok untuk kalian, apalagi mempunyai keuangan yang terbatas, kalau orang berduit beli semua boleh boleh aja hehe.

bukan hanya di Consol atau di PC / Laptop, namun Spesifikasi FPS juga di promosi di perangkat Mobile, contoh HandPhone Gaming. 

handphone embel embel gaming, yah tidak jauh dari FPS yang di tawarkan. seperti Asus ROG, Razer, dan sebagainya, tentunya Iphone jangan di anggap remeh meskipun tidak mempunyai embel embel gaming. 

jadi, pada artikel ini, saya akan berbagi pengalaman untuk kalian yang membaca tulisan ini, agar kalian tidak bingung lagi, dan bisa sedikit mengerti (tidur tenang).

yang perlu kita ketahui, FPS dipengaruhi oleh beberapa faktor. seperti CPU, GPU, Resolusi, dan sebagainya.

Oh iya, btw artikel ini sudah saya edit kembali, karena saya lihat peminat dari artikel ini lumayan banyak, dan ketika saya membaca artikel ini, eh ternyata dan ternyata sangat pendek dan tidak ada penjelasan lebih lanjut, maupun pengantar hehehe. jadi saya putuskan untuk mengedit ulang artikel ini. agar kalian sedikit lebih paham dengan apa yang saya sampaikan pada tulisan ini. oke lanjut...

Menurut pengalaman saya, Standar untuk bermain game jika dikatakan lancar adalah minimal 30Fps, dibawah itu seperti 25 itu sudah sangat buruk. 15fps kebawah ? ANCUURRR.... tapi menurut mimin, FPS yang disarankan untuk bermain game, yaitu antara 40 hingga 45 Fps, itu sudah smooth (alus), apalagi hingga 60 FPS, itu sudah dikatakan halus dalam bermain game.

di atas 60 FPS, seperti 75Fps, 122Fps, 144Fps, dan seterusnya, menurut saya sudah sangat fantastik.

Alat tempur


yang perlu kalian ketahui, untuk FPS yang di atas 60Fps, itu sangat dipengaruhi oleh perangkat yang kita gunakan. 

jadi contohnya seperti ini :

kita menggunakan VGA High End seperti RTX 3080, dan Processor intel i9 gen 12, namun Monitor yang kita gunakan spesifikasinya masih 75 Hz, itu akan mempengaruhi FPS.

Monitor

yah, selain komponen PC, Layar Monitor yang digunakan juga sangat di perhitungkan. contohnya Produk Monitor dari LG 144hz. kita bisa menampilkan FPS hingga 144Fps di resolusi tertentu, dan game tertentu (tergantung komponen lain lagi ; GPU, CPU, RAM, SSD, DLL).

begitu juga dengan perangkat Handphone, selain spesifikasi seperti Chipset, GPU, RAM, penyimpanan, layar (hz) juga di perhitungkan.
dengan layar yang lebih mulus (hz tinggi), memungkinkan penggunanya bisa lebih nyaman dalam beraktifitas, seperti game atau mungkin hanya sekedar untuk scrool scroling sosial media.

contoh lagi : HP Samsung A52 yang di klaim bisa 90hz, atau Asus ROG yang bisa 144hz.

Resolusi

selain itu, FPS juga di pengaruhi oleh Resolusi, atau bingkai gambar, atau besarnya gambar. semakin besar Resolusi yang kita gunakan maka kemungkinan GPU akan terbebani, sehingga FPS akan menurun.

contohnya, kalian main di resolusi 1080p, kalian bisa mendapatkan 144FPS. sedangkan, jika kalian menaikkan Resolusinya, seperti 2k atau 4k (kalau 8k ngak usah kita sebut yah, yang jelas mampus GPU kalian, hehehe) FPS yang kalian dapatkan kemungkinan besar akan menurun drastis. itu karena prosesing gambar semakin besar, maka GPU (VGA) akan terbebani.

Kualitas Game

Kualitas game juga sangat berpengaruh dengan FPS pada game, jika semakin tinggi kalian atur (di pengaturan), jika GPU kalian tidak kuat menghandle-nya, maka kemungkinan FPS kalian akan turun.

Contoh : pada resolusi 1080p dengan settingan kualitas Standar, kalain bisa mendapatkan 144FPS, sedangkan kalau kalian atur di kualitas Medium, mungkin akan mendapatkan 75 hingga 100Fps (tergantung Momen), namun jika kalain seting pada Ultra, bisa jadi FPS kalian akan turun, dan mungkin tertahan di 60FPS.

Jenis Game

jadi gini kawan, tidak semua FPS tinggi itu menarik (tapi FPS tinggi itu fantastik hehehe). tidak selamanya FPS itu penting, pada kasus ini, Kalian melihat dahulu jenis game yang kalian mainkan.

contohnya, jika kalian bermain game kompetitif seperti CS GO, Faloran, PUBG, kalian akan mengormankan Kualitas gambar, dan kalian akan mementingkan FPS yang tinggi, karena kalian harus Cepat untuk menentukan target yang akan di tembak.

beda cerita jika kalian bermain game AAA, seperti game Open World, contohnya seperti game Far Cry, atau game Crysis, GTA V, eh banyak deh.. pada game ini, kalian akan mementingkan kualitas gambar (termaksud Resolusi), dan akan menyampingkan FPS, tapi dengan FPS yang mulus tentunya.

Contohnya nih, saya bermain game GTA V, saya akan mementingkan Kualitas Grafik daripada FPS, karena saya ingin menikmati apa yang di suguhkan dalam game ini, seperti Lampu Kota, keadaan kota, lalu lintas, dan Dunia dalam game tersebut. asalkan FPS sudah nyaman (asal sudah 60Fps, saya rasa sudah aman). Beda cerita dengan saya lagi bermain Resident Evil 3 Remake, saya akan meningkatkan FPS ketimbang kualitas Grafik (gambar), kenapa ? karena,,, kan tidak lucu kita dikejar zombi tapi kita susah AIM (mengarahkan kepada target). yang ada teriak teriak kita.

jadi itu tergantung dari pada gamer / user itu sendiri.

jadi ? ingat yah, 30 hingga 45FPS itu sudah nyaman untuk gaming. 60 sudah sangat nyaman. dan 75FPS hingga 250FPS itu.. ngak usah di tanya. tapi ingat yaaa... FPS tinggi tergantung jenis game yang kita mainkan.

yah cukup ... semoga kalian mengerti dengan tulisan saya ini hehehehe

Oh iya,, support Chanel Youtube saya NSNET id


Oh iya, ini artikel awal, saya ngak hapus, biarkan barang antik ini disini hehehehe

Standar untuk bermain game jika di katakan lancar membutuhkan 30Fps, dibawah 25 Fps sudah dikatakan lambat, dan Fps yang di anjurkan iyalah 45 Fps, apalagi hingga 60Fps, sudah masuk kategori halus.

Intinya semakin besar d.FPS yang dihasilkan, maka semakin halus Game yang dihasilkan.
Dan semakin bagus VGA yang anda pakai, maka semakin besar kemungkinan FPS game anda mainkan.



Tapi ingat yang menentukan bukan hanya fps ada ram vga dan clock rate juga processor dan ram fisik.


Tapi itu kembali lagi pada game yang dimainkan.


Jadi bro, gimana?


Post a Comment for "Berapa Standar Fps Bermain Game ? Anak gamers masuk !"